REVIEW: The Balm Meet Matt(e) Hughes - Faithful, Charismatic, Brilliant, Affectionate, Reliable, dan Romantic




Hai hai semuanya, kalian pasti tahu dong ya kalau aku sekarang sudah mulai shifting pakai produk-produk yang Cruelty Free, No Animal Testing, Halal, atau Vegan. Salah satunya dengan menggunakan produk dari The Balm Cosmetics. Seperti yang kita ketahui bersama di website mereka bahwa mereka mencantumkan Cruelty Free yang bermakna tidak menyakiti binatang dalam proses pembuatannya.


Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Produk the Balm Cosmetics yang pertama aku punya adalah mini lip cream set dari seri terbatas Mett Matt(e) Hughes ini. Aku waktu itu beli di temenku yang jual kosmetik original di Semarang (ada toko offlinenya), lalu produk ini dikirim ke rumahku yangwaktu itu masih tinggal di Jogja. Hmm harganya berapa ya aku lupa, seingatku dulu beli karena diskon 50% gitu dan enggak mahal-mahal banget deh kayanya hehe. Yaudah langsung aja yuk ke review produk ini.


Tentang The Balm Cosmetics

Dikutip dari situs resmi mereka, Marissa Shipman sebagai pendiri The Balm Cosmetics mengatakan bahwa:

“It’s simple; I wanted to wake up and love what I do every day. And me? I’m obsessed with beauty. I knew there were things missing from my arsenal. So in 2004, I quit my job, crafted a plan, started mixing ingredients and the Balm was born. Over the years our philosophy has remained the same; to create makeup that inspires you to do what you love and look damn good doing it.”

Dari penjelasan singkat tersebut disebutkan bahwa The Balm cosmetics ini tampaknya berfokus pada make up dibandingkan produk yang lain dan terbukti menjadi salah satu brand high end ternama di dunia saat ini. Terlebih lagi, brand ini menjanjikan bahwa produk mereka paraben free, cruelty free, dan talc free loh.

The Balm Cosmetics: Meet Matt(e) Hughes 6 Mini Long-Lasting Liquid Lipsticks

Seperti namanya, produk yang aku beli ini adalah edisi mini atau travel size dari the Balm Cosmetics Meet Matt(e) Hughes. Isi dari paket mini terbilang lengkap loh karena memiliki 6 warna pilihan yang bisa disesuaikan dengan mood atau acara yang akan kamu datangi. Keenam shade tersebut, yaitu: faithful, charismatic, brilliant, affectionate, reliable, dan romantic. Ukurannya yang sangat mini atau 1,2 ml ini ternyata enggak secepat itu habis juga kok.

§  Packaging
            Sebagai pecinta mini atau travel size, aku suka banget sama kemasan produk ini. Lengkap dengan mini brush dari lip creamnya yang menyesuaikan ukuran kemasan yang mini. Alasanku menyukai produk berukuran mini karena aku sering enggak pakai sampai habis produk yang kemasannya besar dan sudah terlanjur expired atau tidak layak pakai. Bisa dilihat disini kalau kemasan mininya ini terlihat simple, cute, dan elegan. Tutupnya yang berwarna silver dengan botol akrilik kaca juga memperkuat kesan tersebut. Kalau di kemasan full size biasanya ada gambar lucu-lucu, disini enggak ada karena menurutku kepenuhan juga kalau dikasih gambar hehe.
Sumber gambar: dokumentasi pribadi (warna 1. romantic)
§  Scent
            Entahlah ini perasaanku saja atau emang ada aroma mint manis gitu ya dari lip cream ini? Apalagi waktu dioles ke bibir pertama kali, aroma mint nya kecium gitu dan ada sensasi dingin juga di bibirku hehe.

§  Texture
            Tekstur dari lip cream ini cukup kental dan enggak langsung kering saat dioleskan. Bahkan sangat nyaman di dab dab pakai tangan untuk meratakannya. Aku suka tekstur the Balm Meet Matt(e) Hughes ini karena enggak bikin bibirku yang kering makin kering dan no crack walau aku enggak pakai scrub bibir terlebih dahulu. Sayangnya, bibirku justru jadi agak lengket gitu setelah pakai ini, walau ini transferproof.

§  Ketahanan
            Aku uji coba ke tanganku keenam warna tersebut dan aku diamkan beberapa menit sampai dia kering sempurna (somehow di tanganku ga lengket kaya di bibirku wkwk). Habis itu aku siram air biasa dan aku usap-usap. Hasilnya? ENGGAK GESER SAMA SEKALI hoho. Senempel itu ternyata yah. Terus aku lanjutin uji coba dengan micellar water yang aku tuang ke kapas, aku dab-dab dan geser sekali kebawah, sekali kesamping. Hasilnya? kehapus sedikitttttt banget dan masih oke. Kayaknya emang kudu ekstra bersihin dengan ditekan gitu micellar waternya atau pake pembersih khusus lip and eye, atau bisa juga pakai pembersih yang lebih kuat dari micellar water. Oil atau milk cleanser misalnya.

 Sumber gambar: dokumentasi pribadi


§  Swatches
            Nah ini nih yang ditunggu-tunggu, how do they look alike ketika diaplikasikan ke bibir. Apakah sama seperti di kemasannya atau gimana? Kalian bisa lihat beberapa foto dibawah ini ya, aku udah ambil gambar di kulit tanganku, di bibirku, kena cahaya matahari, dan kena cahaya ruangan. Biar mudah aku kasih nomor di foto ya, 1. romantic, 2. reliable, 3, affectionate, 4. brilliant, 5. charismatic, 6. faithful. Coba tebak, kira-kira warna kesukaanku dari the Balm Cosmetics Meet Matt(e) Hughes ini yang mana?

 Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Kesimpulan

Overall, aku kasih skor 4,5 of 5 untuk produk ini. Terlepas dari berbagai nilai positif, seperti:

+ travel size        + pigmented           +transferproof          + good smell & scent

aku kurang nyaman karena dia agak lengket di bibirku yang bikin aku setiap ngomong ngerasa kayak belepotan padahal enggak haha. Selain itu, enggak semua warna cocok di aku deh kayaknya. Meskipun lebih hemat karena ukuran mini gini, next aku bakalan beli yang full size aja dan warna yang aku suka kalau aku pakai sendiri hehe.

Eits tapi kan aku nyambi MUA nih, jadi enggak rugi juga punya banyak warna hahaha. Kalau diringkas nilai negatifnya dikit sih:

-        - Tekstur agak lengket di bibir                            
         - enggak semua warna sesuai di aku
-        - Harga dibanding brand local/drugstore relatif lebih mahal

Nah, kalau kalian emang concern ke kosmetik yang cruelty free, menurutku the Balm Cosmetics ini sebanding kok harga dan kualitasnya. Meskipun tergolong agak mahal dibanding brand local atau drugstore, aku rasa enggak ada salahnya membeli salah satu produk mereka karena aku sih enggak ngerasa menyesal J

Sekian reviewku kali ini. Oh ya, warna kesukaanku adalah brilliant. Aku lebih suka yang berwarna peach pink atau coral gitu daripada too bold atau too nude soalnya hoho. Semoga bermanfaat yaa.


With love,
Rara Mispawanti

0 Comments